Potensi Wirausaha

Potensi Desa

Perekonomian desa Ngeling banyak digerakkan oleh home industri kerajinan mebel, katering, pertanian, dan peternakan.

Dari sektor kerajinan mebel, desa Ngeling memiliki keunikan tersendiri yang jarang dimiliki oleh daerah lain. Kursi Garuda dan Anggrek menjadi ciri khas dari desa Ngeling. Namun, pengrajin di desa Ngeling tidak memproduksi mebel siap jadi. Pengrajin di desa Ngeling lebih berfokus pada produksi mebel setengah jadi dan dijual ke pengepul.

Selain memproduksi mebel, di desa Ngeling juga memiliki pengusaha yang menunjang produksi pengrajin mebel, yaitu usaha pemotongan kayu untuk mebel. Dengan adanya usaha pemotongan kayu ini dapat membantu pengrajin untuk persediaan kayu yang ada di desa Ngeling.

Dari sektor pertanian, terdapat lima (5) komoditas utama yang ada di desa Ngeling.

Deskripsi UMKM (Usaha Micro, Kecil, dan Menengah)

  1. Mebel

Sebagai salah satu desa yang ada di kota Jepara, sudah pasti desa Ngeling juga menggantungkan perekonomian pada usaha mebel. Ada sekitar enam (6) UMKM yang bergerak pada bidang ini di desa Ngeling dengan jumlah pengrajin tiap UMKM berjumlah kurang lebih 10 orang. Dari keseluruhan UMKM yang ada, hampir semuanya hanya memproduksi mebel setengah jadi.

Ada hal yang unik dari UMKM Mebel di desa Ngeling, yaitu proses pembayaran upah karyawan atau pengrajin. Para pemilik usaha sering menyebutnya kemisan. Istilah ini sendiri merujuk pada waktu pembayaran upah karyawan atau pengrajin yang jatuh pada tiap hari kamis di tiap minggunya. Sistem upah yang ada di daerah Ngeling dan sekitarnya kebanyakan menggunakan sistem upah mingguan.

  1. Katering

Katering menjadi salah satu UMKM yang menyokong perekonomian di desa Ngeling. Ada sekitar tiga (3) katering yang ada di desa Ngeling. Katering yang ada hampir semuanya dikelola perorangan.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan